Skip to main content

MOS....

Mulai senin tanggal 16 juli 2007 adalah hari pertama tahun ajaran baru pendidikan. Meski memasuki tahun ajaran baru tidak harus dimulai dengan sesuatu yang serba baru. Tetapi sebagian masyarakat Indonesia menyambutnya dengan hal-hal yang baru seperti : sepatu, seragam buku, tas dan lain sebagainya.

Dari hari pertama tahun ajaran baru ini saya sering melihat pemandangan yang gak “sedap” Coba bayangkan anak perempuan baru masuk SMU berpenampilan seperti orang gila.Rambut diikat dengan pita warna-warni, memakai kaos kaki yang tidak seragam, memakai kalung dengan untaian permen, tas dari kantong terigu!!! (glek…ck.ck….) Itu yang terlihat entah mungkin masih ada yang lain. Beginikah penampilan seorang yang terpelajar?
Saat saya tanyakan kenapa berpenampilan demikain ? MOS (masa orientasi sekolah) jawabnya. Dulu saat saya pertama kali pakai seragam abu-abu juga sempat mengalami apa yang namanya MOS bedanya cuma nama, saya dulu diwajibkan ikut penataran selama 1 minggu. Tapi penataran, atau MOS itu ternyata hanya nama tapi kegiatannya sama sebagai murid baru diwajibkan menggunakan pakaian yang aneh-aneh.Meski dalam MOS/penataran ada hal-hal yang positif juga.Tapi ya apa mesti harus berpenampilan seperti "orang gila".
Apakah memang MOS itu masuk dalam kurikulum pendidikan? Kalo ada apa benar mereka harus berpenampilan seperti itu?
Mohon bapak, ibu para pejabat di deparetemen pendidikan nasional masalah ini tolong diperhatikan. Masa adik-adik penerus generasi bangsa pada masa awal mereka di sekolah sudah harus diremehkan, dinistakan harkat dan martabat kemanusiannya sedemikian rupa.

Comments

Anonymous said…
mos di sekolah, maupun ospek di kampus, sebenarnya masih perlu lhoo, selain ajang pertama untuk bersosialisasi, mengenal sekolahnya, temennya dll, tapi juga meningkatkan kreatifitas, tp mos/ospeknya janagn ada yg namanya kekerasan/main fisik, pasti akan banyak kenangan yg tak terlupakan pd masa2 itu
Anonymous said…
Hmm...MOS?
menurut saya perlu,bener kata mas traju diatas.wekkeekkk.....
MOS kan buat belajar juga , menghargai waktu,peraturan dan pengorbanan. dan biar cepet beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru.
Unknown said…
kalau menurut gw seh mos yang gak penting gitu gak perlu! beneran... mos itu gak penting banget... gw juga waktu mos masuk SMA kemarin yang ada sakit lahir bathin. belum lagi keadaan finansial gw bener2 memburuk! belum lagi dipermalukan sama kakak-kakak kelas yang seenak udel nyuruh kita2 joget di tengah lapangan. gak ada manfaatnya.

walaupun memang sih berkesan. :-/ tapi kan berkesan penderitaan wahahahaha. lagipula tetep ajalah. mau di mos atau engga, yang namanya junior juga tetep aja ada yang ngelunjak atau belagu sama seniornya dan ada juga yang biasa2 aja.. :)

kalaupun mau juga, mendingan bikin lebih bermanfaat dan jelas tujuannya... gak disuruh dandan kayak orang gila kamu sebutkan tadi hihihi..

*ihh.. komentar apa posting sih si nisa?? maaf ya kalau kepanjangan.. sotoy pulak.. hehe...

*salam kenaaal. :D

Popular posts from this blog

Desktop Valuation

Mencari informasi di google dengan key word ini hasil yang diperoleh mostly dari pihak/penilai yang menawarkan jasa untuk melaksanakan penilaian properti dengan desktop valuation. Sebagian memang menyebutkan definisi dan sedikit penjelasan. Dari hasil pencarian di web tersebut berasal dari Australia dan Amerika terlepas dari sempurna tidaknya search engine yang digunakan. Dari informasi di beberapa laman web jika boleh disarikan desktop valuation adalah penilaian properti yang dilaksanakan tanpa melakukan survei pengamatan langsung atas objek penilaian. Penilaian dilakukan oleh Certified Valuer ataupun Registered Appraisal . Para penilai menggunakan data dan informasi yang diberikan oleh si pemberi tugas kemudian melakukan analisis on desk atas data tersebut. Hal ini dimungkinan karena para penilai ini telah memiliki data base yang mencukupi, tentu saja laporan penilaiannya dilengkapi dengan asumsi dan diclaimer yang menjadikan dasar opini nilainya. Penggunaan desktop valu

Ini Medan Bung!

Tidak terasa, sudah seminggu berada di medan. Semuanya terasa seperti mimpi, ketika melihat nama jalan atau papan nama sebuah instansi tertulis...Propinsi Sumatra Utara. Sebenarnya perpindahan ini sudah diriku perkirakan, mengingat ditempat yang lama sudah 2 tahun. Jadi wajar saja dipindahkan, mengutip pesan bos besar : Untuk tetap menjaga gairah bekerja dengan antusiasme tinggi agar tetap terjaga kualitas dan kinerja selayaknya seorang pejabat. Untuk semuanya, baik yang rotasi ataupun yang promosi, kalian akan menempati tempat kerja baru, teman baru, dan tantangan baru. Jangan jadi pegawai yang average, yang hanya bekerja biasa-biasa saja. Atau wejangan dari Ibu bos : Jangan pernah merasa nyaman karena ditempatkan di Jakarta, kalau hidup ini datar-datar saja, maka tidak akan membuat bersemangat. Ya itulah mungkin pertimbangan diriku dimutasikan ke medan, beberapa temanpun menyatakan mereka kaget, kok bisa??? Udahlah alasan kenapa diriku dipindah biarlah hanya Kabag Ke

Bang Thoyib

Wah setelah lama gak ngeblog, ternyata kangen juga! Maklum sekarang pura-pura sibuk. Bulan Juli-Agustus selama 3 minggu dikirim ke Nanggro Aceh Darussalam,kemudian Ramadhan kemarin, sampai tgl 26 september harus gantiin bos "berpusing ke Brunei,Malaysia dan Philipina. Dan sekarang sampai tgl 1 Oktober kembali dikirim selama 3 minggu ke celebes island . Puih cape banget deh, terbayang berapa banyak laporan yang akan dibuat. Ya meski ada enaknya juga jalan-jalan ke tempat yang baru buat nambah pengalaman. Selama di Aceh saya banyak berada di Unsyiah, kemudian di negri tetangga berkutat sekitar perwakilan baik KBRI maupun KJRI, dan sulawesi bermarkas di Polres. Sampe -sampe di tempat kerja dah dapat julukan baru "bang thoyib".